Sabtu, 08 September 2018

Bimbingan Teknis Gerakan Keamanan Pangan Desa

Peserta Gerakan Keamanan Pangan Desa Lawang Agung
Peserta Gerakan Keamanan Pangan Desa Lawang Agung
Pangan merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai bahan kebutuhan pokok manusia. Sehingga ketersediaanya dalam jumlah dan volume yang cukup menjadi hal yang sangat penting. Hal yang penting dalam penyediaan pangan adalah pangan harus higienis, tidak ada unsur atau zat yang membahayakan bagi tubuh. Sehingga pangan aman untuk dikonsumsi.

Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) merupakan salah satu program Badan POM yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan agar kemudian dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai ke tingkat perorangan sekaligus memperkuat ekonomi desa. 

Pelaksanaan Bimbingan teknis gerakan keamanan pangan desa di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma dilaksanakan pada tanggal 7 September 2018. Bimtek ini diikuti oleh Kader Keamanan Pangan Desa, Kader Karang Taruna, Kader Guru

Gerakan ini dicanangkan dengan tujuan untuk meningkatkan akses keamanan pangan desa yang berbasis kearifan lokal untuk peningkatan ekonomi keluarga dan mengembangkan produk pangan unggulan desa berbasis keamanan pangan.  Diharapkan dengan adanya Bimbingan Teknis ini, para kader mampu meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan sehingga dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dalam upaya menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan sekaligus memperkuat ekonomi desa melalui program “Keamanan Pangan Desa”. 

Sebelum melakukan bimbingan teknis ini Balai POM Provinsi telah melakukan uji terhadap makanan olahan dan jajanan di lingkungan sekolah. Diperoleh hasil uji bahwa makanan olahan produk ungulan di desa Lawang Agung seperti selai ikan lele, dodol pepaya kalifornia dan jajanan di lingkungan sekolah tidak dapat zat aditif yang membahayakan bagi konsumen. Pada kesempatan ini juga Balai POM meberikan sertifikat untuk mendapatkan PIRT bagi industri rumah tangga yang telah dilakukan pengujian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar